Selasa, 21 April 2015

KUIS PERTAMA (1) "PENGELOLAAN PROYEK SISTEM INDORMASI"

     Aplikasi open source adalah program komputer yang lisensinya memberi kebebasan kepada pengguna dalam menjalankan program tersebut untuk apa saja, mempelajari dan memodifikasi program tersebut, dan mendistribusikan penggandaan program asli atau yang sudah dimodifikasi tanpa harus membayar royalti kepada pembuat sebelumnya.
     Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
kenapa kita lebih dianjurkan menggunakan open source?
     Biasanya alasan utama dalam penggunaan software open source  adalah karena cara mendapatkannya yang mudah, hal ini karena software-software tersebut sangat mudah ditemukan di internet. Selain alasan tersebut, karena karena sifatnya yang istimewa yaitu dapat di modifikasi memungkinkan software tersebut lebih lengkap dibandingkan dengan software berbayar.
     Apa yang kita dapatkan ketika kita memakai software opensource?
Banyak keuntungan dari menggunakan software yang bersifat open source dibandingan dengan software berbayar, salah satunya adalah :
Pertama, karena sifatnya yang open source maka sudah jelas bahwa kita mempunyai hak untuk menggunakan software tersebut.
Kedua, kita dapat mengembangkan dan memodifikasi software tersebut.
Ketiga, mudah dan terjangkau untuk semua kalangan karena sifatnya gratis.
Keempat, yang terakhir adalah adanya hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan dari kode.
Sifatnya yang menguntungkan membuat banyak orang lebih memilih software open source ketimbang software berbayar. Apalagi dengan maraknya penggunaan internet yang makin lama makin berkembang menjadikan banyak orang mencari berbagai cara untuk mendapatkan tujuannya masing-masing.

Namun dibalik keuntungannya yang menggiurkan, ternyata software open source juga memiliki beberapa kerugian diantaranya adalah :

Karena gratis, maka software ini tidak memiliki garansi dari pengembangan.
Adanya Masalah yang berhubungan dengan intelektual property
Adanya kesulitan untuk mengetahui status dari project

sumber: https://udifq.wordpress.com/kenapa-dianjurkan-menggunakan-software-open-source/
https://henndra.wordpress.com/2014/04/15/kenapa-dianjurkan-menggunakan-software-open-source-dalam-membuat-aplikasi/
http://www.filmpelajar.com/tutorial/apa-itu-open-source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar